Selasa, 27 Agustus 2013

TRIK BISNIS CARA MELAYANI PELANGGAN

Pelanggan adalah raja. Melayani seorang pelanggan atau pembeli secara baik adalah suatu keharusan agar pelanggan merasa puas dan menjadi pelanggan setia. Pelanggan merasa puas atas pelayanan anda sedikit banyak akan membuat virus pemasaran terbaik tanpa perintah. Para pelanggan dengan suka rela menceritakan hal-hal yang terbaik atas pelayanan dalam bisnis anda. Dengan beberapa tambahan pelanggan, otomatis akan meningkatkan penghasilan anda. Bisnis anda tidak akan kehilangan pelanggan, tapi akan bertambah banyak.

Keterampilan dasar pelayanan terhadap pelanggan dapat diterapkan dalam beberapa strategi pelayanan dalam rangka membangun dan meningkatkan citra positif pada bisnis anda. Langkah-langkah berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam bisnis untuk melayani pelanggan dengan beberapa trik bisnis.



Trik Bisnis Cara Melayani Pelanggan dengan Baik :
1. Pusatkan perhatian pada pelanggan

  • Mendengarkan dengan penuh perhatian dan jangan sekali-kali memotong pembicaraan;
  • Perhatikan sikap tubuh anda, bertindak secara tenang dan rileks;
  • Menatap mata pelanggan anda pada saat berbicara dan tersenyum;
  • Perhatikan ekspresi wajah anda, dan selalu tampilkan senyum anda;
  • Menanggapi pembicaraan pelanggan apabila pelanggan mengharapkan tanggapan anda;
  • Perhatikan nada bicara anda, jangan terlalu rendah (kurang percaya diri) atau terlalu tinggi (kesal, marah dan emosi);
  • Menempatkan kepentingan pelanggan pada nomor satu dan orang lain, seperti rekan sekerja dan pimpinan pada prioritas berikutnya, apabila sedang melayani pelanggan.
2. Memberikan pelayanan yang efisien
  • Melayani pelanggan berikutnya segera setelah selesai dengan pelanggan pertama;
  • Pergunakan waktu seakurat mungkin;
  • Berbicara seperlunya pada pelanggan;
  • Merencanakan apa yang selanjutnya akan dilakukan;
  • Memberikan tindak lanjut pelayanan sampai tuntas;
  • Menjawab pertanyaan pelanggan secara singkat, tepat, cepat dan tidak bertele-tele.
3. Meningkatkan perasaan harga diri pelanggan
  • Mengenali kehadiran pelanggan dengan segera;
  • Selalu menggunakan nama pelanggan sesering mungkin;
  • Tidak menggurui pelanggan, bagaimanapun pandainya anda;
  • Memuji dengan tulus dan memberikan penghargaan kepada pelanggan;
  • Memperlakukan pelanggan sebagai orang dewasa.
4. Membina hubungan baik dengan pelanggan
  • Mendengarkan apa yang disampaikan oleh pelanggan tanpa memotong pembicaraan;
  • Menunjukkan simpati dan berbicara dengan penuh perasaan, untuk menunjukkan bahwa anda mengerti dan memahami perasaan pelanggan;
  • Mempersilakan pelanggan menanggapi dan berusaha menyelesaikan masalahnya.
5. Dapat menentukan apa keinginan pelanggan
  • Menanyakan kepada pelanggan;
  • Mengulangi kembali apa keinginan pelanggan, kemudian menarik inti dari apa yang dikatakannya.
6. Mengalihkan pelayanan ke orang lain
  • Bila seorang pelanggan meminta pelayanan di luar kemampuan anda, cara terbaik adalah mengalihkan pelayanan tersebut kepada orang lain yang lebih mampu. Dengan pengalihan tersebut akan terlihat bahwa perusahaan/bisnis anda telah bekerja dengan profesional;
  • Setelah mengetahui keinginan pelanggan, anda menjelaskan kepadanya sambil meminta maaf bahwa anda tidak mampu melayaninya, karena orang lain akan lebih baik melayaninya;
  • Hal ini juga harus dijelaskan dihadapan orang yang hendak menggantikan anda. Perkenalkan orang tersebut kepada pelanggan.
Kepuasan pelanggan diawali dari pelayanan anda. Semua pelanggan anda merasa puas dengan apa yang anda berikan pada mereka, adalah kunci sukses bisnis anda.
 
Sumber :  akharisyuli.blogspot.com


EmoticonEmoticon